Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Watermark di Photoshop



#ads


Mungkin sebagian kalangan masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu watermark. Sedikit kami jelaskan di sini Watermark atau yang juga disebut Watermarking adalah proses suatu cara untuk menyembunyikan  atau penanaman data atau informasi tertentu (Baik hanya berupa catatan umum maupun rahasia) ke dalam suatu data digital lainnya, tetapi tidak diketahui kehadirannya oleh indera manusia (Indera penglihatan atau indera pendengaran) dan mampu menghadapi proses-proses pengolahan  digital sampai pada tahap tertentu.
watermark_home
Watermark ini sangat lah jauh berbeda dengan tanda air pada uang kertas. Jika pada tanda air pada uang kertas masih bisa kelihatan oleh mata telanjang manusia, tetapi watermarking pada media digital dimaksudkan agar tidak dapat dirasakan kehadirannya oleh manusia tanpa alat bantu mesin pengolah digital seperti komputer dan sejenisnya.
Seiring berjalannya waktu, watermark pun banyak di gunakan dalam gambar-gambar situs-situs website terkenal. Tujuannya sudah pasti, untuk menampilkan informasi dari mana gambar asli itu sebenarnya berasal. Teorinya misalkan begini, jika anda mengambil gambar dari FastNcheap dan memasangnya di blog atau website anda maka dalam gambar itu akan tertera sebuah teks yang menampilkan tautan ke situs http://www.fastncheap.com. Oleh karena itu, setiap visitor yang datang ke blog anda pasti juga akan datang ke website fastcheap tempat di mana gambar tadi berasal.
Untuk membuat watermark sering di lakukan oleh Aplikasi Grafis, salah satunya adalah dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Photoshop Anda, dalam hal ini semua jenis photoshop berlaku.
  2. Open gambar yang ingin anda Watermark. membuka gambar
  3. Klik Text tool. text tool
  4. Lalu ketikkan sebuah kata dalam gambar tersebut.
  5. Tahan Fill pada panel layers lalu kurangi nilainya untuk mengurangi kecerahan warna.
  6. Jika teks masih terlihat terang, anda dapat mengurangi opacity nya. Cara menguranginya sama dengan langkah 5.
  7. Selesai! Sekarang anda sudah membuat Watermark dalam gambar anda. Hasil watermark
Memang cara ini tergolong tidak praktis, karena sebagian programmer website membuatnya menggunakan bantuan plugin atau modul CMS mereka. Sehingga ketika gambar di upload, maka secara otomatis Watermark akan timbul.
Jadi jika ingin membuat gambar watermark secara manual seperti di atas, cobalah photoshop.




Title : Cara Membuat Watermark di Photoshop
Description : Mungkin sebagian kalangan masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu watermark. Sedikit kami jelaskan di sini Watermark atau yang juga...

1 Response to "Cara Membuat Watermark di Photoshop"

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Watermark silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5173/1/Jurnal%20Skripsi.pdf

    BalasHapus