Diberdayakan oleh Blogger.

Perbedaan Format File .Jar dan .Jad



#ads


Berdasarkan pertanyaan kawan saya @abyrazor via sms beberapa hari lalu, yang menanyakan perbedaan antara file berekstensi .jar dan file berekstensi .jad akhirnya saya memutuskan untuk menulisnya menjadi sebuah postingan di blog ini.

Pada umum nya teman-teman yang bingung di sini adalah pada saat hendak menginstall aplikasi, baik software ataupun game pada handphone yang support applikasi Java. kenapa hanya file .jad? mana file .jar nya?

Pada dasarnya file .jad dan .jar adalah sama, dan di sini saya akan sedikit menjelaskan secara singkat mengenai perbedaan antara file .jad dan .jar pada installer aplikasi java.

JAR adalah singkatan dari Java ARchive. File JAR sebenarnya adalah kumpulan file yang dibundel dan dikompres seperti halnya file ZIP atau file yang kita pack dengan RAR.

Coba saja Anda buka file JAR tersebut dengan program kompresi yang Anda punya, misalnya WinZip, WinRAR, 7Zip, dsb. Anda akan dapat melihat isinya. Bagi Anda yang menggunakan Windows XP atau lebih baru, ubah saja ekstensi nama file JAR menjadi ZIP, maka Windows akan mengenali file tersebut dan bisa membukanya.



file .jar yg saya buka dgn program 7zip
(click to enlarge)



  • JAR
JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dll. Didalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya. Anda bisa membuka MANIFEST tersebut dengan editor teks seperti Notepad. Tapi hati-hati jika ingin mengubahnya, kemungkinan besar Anda telah melakukan pelanggaran hak cipta.

  • JAD
JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa JAD adalah file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet). Aplikasi Java yang mana? Tentu saja aplikasi yang ada didalam file JAR, karena file JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan MANIFEST yang ada didalam file JAR.

  • Kesimpulan
File .jar adalah file java/installer yang asli (sudah full) anda tidak perlu terhubung ke internet lagi buat menginstallnya. sedangkan File .jad adalah file shortcut untuk mendownload game ato app java, yang membuat ponsel anda harus tersambung ke internet buat menginstallnya.


Sekiranya itu saja yang dapat saya share kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian.

sumber: mekzwashere.blogspot.com a.k.a mekz




Title : Perbedaan Format File .Jar dan .Jad
Description : Berdasarkan pertanyaan kawan saya @abyrazor via sms beberapa hari lalu, yang menanyakan perbedaan antara file berekstensi .jar dan file be...

1 Response to "Perbedaan Format File .Jar dan .Jad"